Yuk isi Waktu Liburanmu di 5 Tempat Camping Terbaik di Bogor Ini

Panorama Pangrango Camp - Bogor

Siapa yang tidak tahu dengan kota Bogor, kota yang dijuluki sebagai kota hujan ini tak pernah berhenti membuat kita selalu ingin datang ke sana untuk berlibur. Entah untuk menikmati libur panjang atau sekadar menghabiskan waktu di akhir pekan. Dan karena merupakan daerah pegunungan tentu saja kota ini memiliki udara dingin dan hawa yang sejuk, ditambah dengan indahnya pemandangan alam yang menenangkan hati dan pikiran. Itulah mengapa Bogor juga menjadi pilihan favorit bagi wisatawan yang berasal dari kota-kota besar terutama Jakarta yang ingin menghirup udara segar untuk melepas penat.

Ada banyak sekali tempat wisata yang ada di Bogor, khususnya yang ada di kawasan Puncak, Bogor. Semua tempat wisata yang ada di sana pasti mengandung tema wisata alam, misalnya restoran, wahana permainan, dan tentu saja air terjun. Nah ada satu lagi wisata alam yang mulai diminati oleh masyarakat umum, yaitu bercamping. Jika dulu camping identik dengan kegiatan pramuka dan aktivitas pencinta alam di gunung, kini camping bisa dilakukan oleh siapa saja, baik perorangan maupun bersama anggota keluarga tercinta. Di Bogor sendiri sudah banyak tempat yang menyediakan lahan khusus yang tersebar hampir di seluruh wilayah untuk dijadikan tempat bercamping.

Dan sekarang kami akan merekomendasikan kamu 5 tempat camping terbaik yang ada di wilayah Bogor yang bisa kamu jadikan pilihan untuk bercamping. Mau tau di mana saja lokasinya?

1. Eagle Hill Camp

Aagle Hill Puncak - Bogor
Aagle Hill Puncak – Bogor

Eagle Hill Camp ini bukan hanya dirancang untuk kegiatan camping saja, tapi lokasi dengan lahan seluas lebih dari 12Ha dengan ketinggian lebih kurang 1000 meter di atas permukaan laut ini juga dikhususkan untuk berbagai kegiatan Outbond, Fun Gathering, Character Building, Leadership Adventure Camp, Pelatihan Semi Militer, dan Paint Ball. Dan karena banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini banyak sekolah, kampus maupun kantor-kantor yang menjadi client tempat camping ini.

Terletak di kawasan Sukakarya, Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16770, Contact : 0819-0829-0020. Area camp ini memiliki 7 camping ground dengan High Privacy di setiap areanya serta keamanan yang gak perlu kamu ragukan lagi, ketujuh area tersebut adalah :

Eagle Hill Camp 1

Berkapasitas 50-100 orang lokasi ini telah disiapkan sebagai privasi camp yang cocok untuk kegiatan outbond maupun character building. Camp ini berjauhan dengan camp yang lain dan berada di dekat sungai yang dikelilingi oleh hutan lindung. Selain camping ground disini juga terdapat fasilitas lapangan camp dan juga toilet.

Eagle Hill Camp 2

Camp ini adalah camp utama dan memiliki lahan yang paling luas diantara camp lainnya. Dan camp berkapasitas 200-300 orang yang dikelilingi oleh pohon kemuning dan banyak pohon buah-buahan ini akan memberikan kamu fasilitas camping ground, lapangan utama, podium lengkap dengan sound system, serta ruang pertemuan. Di area ini juga terdapat 3 vip room yang berkapasitas hingga 400 orang.

Eagle Hill Camp 3 dan Camp 4

Camp 3 ini lokasinya dekat dengan hutan pinus dan terdapat fasilitas Pondok Melati yang dapat digunakan sebagai tempat menginap dengan kapasitas 60 orang yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu 20 dan 40 orang. Nah kalau camp 4 ini view nya adalah pegunungan. Di sini kamu juga akan mendapatkan fasilitas ruangan Pondok anggrek yang berkapasitas 30 orang. Dan dibagian bawah ruangan ini juga sangat dekat dengan Cafe Eagle Hill, tempat makan nyaman yang dapat menampung sampai dengan 100 orang pengunjung.

Camp 5 dan Camp 7

Selain mendapatkan fasilitas area camping ground, lapangan utama serta toilet, camp 5 dengan kapasitas hingga 100 orang ini pun memiliki ruangan yang dinamakan Pondok Mawar. Ruangan ini terdiri dari 3 lantai dan berkapasitas sebanyak 60 orang. Kalau kamu gak mau lokasi camp yang terlalu jauh, kamu bisa pilih lokasi yang terakhir, yaitu camp 7. Camp berkapasitas 50-100 orang ini letaknya paling dekat dibandingkan dengan camp lainnya karena aksesnya yang dekat dengan lapangan parkir yang dapat menampung kendaraan hingga 60 mobil.

Eagle Hill Camp ini juga punya fasilitas Tenda Dome yang bisa kamu sewa selama menginap di area camping yang disediakan oleh pengelola camping. Kamu bisa pilih tenda yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya tenda dengan kapasitas 4 orang ( sudah termasuk kasur dan sleeping bag ) atau tenda berkapasitas 6 – 7 orang ( sudah termasuk matras dan sleeping bag ).

Soal transportasi menuju area camp ini lumayan terjangkau, untuk kamu yang berasal dari Jakarta, gunakan jalan tol Jagorawi dan ambil jalan keluar menuju Jalan Puncak/Taman Safari. Selama melewati jalan ini kamu akan menemukan pertigaan Mega Mendung yang ada Masjid Jami Nurul Huda, lalu kamu belok di sisi kiri masjid. Teruskan saja perjalanan sampai melewati Unilever Learning Centre dan Mega Training Centre dan Eagle Hill Camp ini letaknya ada di sisi kanan jalan. Kamu juga bisa naik Bus DAMRI langsung dari Bandara Soekarno Hatta tujuan Bogor dengan harga tiket sebesar IDR 55.000. Perjalanan dari Jakarta dapat kamu tempuh kurang lebih 1.5 – 2 jam saja. Di pool terakhir yang ada di samping Mall Botanical Square, kamu bisa melanjutkan perjalanan selama kurang lebih 40 menit melalui Tol Ciawi. Dari sini kamu bisa naik transportasi online dengan kisaran harga antara IDR 38.000 – IDR 110.000.

2. Kampoeng Awan

Kampoeng Awan Puncak - Bogor
Kampoeng Awan Puncak – Bogor

Masih berada di kawasan yang sama, yaitu kawasan Mega Mendung Puncak Bogor. Tepatnya di Jalan Mega Mendung, Sirnagalih, Bogor Tengah, Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16128 – (021) 7811710.
Kampoeng Awan yang juga sering disebut sebagai Kawan ini dapat menjadi alternatif pilihan tempat camping kamu yang kedua. Lokasinya yang berada di ketinggian hingga 1000 mdpl membuat kamu dapat melihat pemandangan yang indah dan asri. Dari sini kamu bisa memandang kemegahan Gunung Salak, Gunung Gede Pangrango, dan Desa Gunung Geulis. Selain itu, di saat malam hari kamu juga akan menikmati gemerlap cahaya yang berasal dari pantulan lampu kota Bogor.

Area camping yang memiliki luas hampir mencapai 6Ha ini bukan hanya untuk kegiatan camping atau outbond saja,tapi lokasi ini juga dijadikan tempat untuk cagar alam hutan sekitar. Makanya saat tiba di ‘Kawan’ kamu pun akan menyaksikan pohon-pohon yang tertata rapi dan hutan pinus yang semakin membuat udara menjadi bersih. Dijamin kegiatan berkamping, outbond, character building, leadership camp maupun aktivitas jungle survival yang kamu ikuti nanti akan terasa sangat menyenangkan. Untuk kegiatan jungle survival ini kamu akan mengalami pengalaman yang luar biasa, karena kamu akan diajak menjelajahi 30Ha hutan pinus yang termasuk dalam konservasi alam di area ini ditambah lagi serunya melewati aliran sungai dan air terjun.

Ngomong-ngomong tentang air terjun alias curug. Ternyata Kampoeng Awan ini berlokasi sangat dekat dengan Curug Panjang loh. Kamu tinggal berjalan kaki selama beberapa menit dari parkiran motor dan mobil untuk mencapai air terjun ini. Jadi kalau kamu sedang bercamping di Kampoeng Awan jangan sampai kamu melewatkan kunjungan ke curug satu ini ya.

Selama melakukan kegiatan camping di tempat ini kamu akan memperoleh fasilitas yang cukup banyak, diantaranya:

  • Toilet / kamar mandi sebanyak 20 unit
  • Tempat mandi unik yang ada pancuran bambunya
  • Camp site seluas 3.5Ha yang terdiri dari 11 lapangan besar dan kecil
  • Berbagai pilihan tenda dome sesuai kebutuhan termasuk matras, sleeping bag, kasur dan bantal
  • Aula kegiatan yang dapat menampung hingga 300 orang
  • Hutan mini dengan beberaa pohon hijau yang cantik
  • Villa kayu dua lantai berkapasitas 40 orang yang bisa dijadikan sebagai base camp panitia acara
  • Jalur tracking jarak dekat, menengah dan jauh
  • Kolam permainan, flying fox, dan jalur sepeda
  • Screen proyektor
  • Listrik 2200 watt plus genset cadangan
  • Area api unggun

Untuk menikmati semua fasilitas itu kamu bisa mengambil paket camping yang tersedia disini, yaitu :

Paket Platinum A ( 2D1N)

Harga paket ini IDR 340.000/orang dengan jumlah peserta min.30 orang. Dan fasilitas yang didapat adalah 1x api unggun, aula berkapasitas 300 orang dengan setting kursi dan meja, villa lantai bawah untuk panitia, tenda dome lengkap dengan kasur, bantal dan sleeping bag, 1x breakfast, 2x snack, 1x lunch dan 1x dinner yang disajikan secara prasmanan.

Paket Platinum B ( 1 day )

Paket camping satu hari ini bisa diikuti dengan jumlah peserta min. 50 orang dan biaya IDR 175.000/orang. Paket ini akan memberikan kamu fasilitas aula dengan alas karpet, 1x snack dan 2x coffebreak.

Selain kedua paket tersebut masih ada paket lainnya yang ditawarkan oleh Kampoeng Awan ini, yaitu Paket Premium A ( 2D1N dengan harga IDR 255.000/orang dan min. peserta 50 orang ), Paket Premium B ( camping 1 hari untuk minimal 60 orang dengan harga IDR 135.000/orang ), Paket Ekonomi A ( menginap selama 2 hari 1 malam dengan harga IDR 220.000/orang untuk peserta minimal 50 orang ) dan Paket Ekonomi B ( camping 1 hari untuk minimal 70 orang dengan harga IDR 175.000/orang ).

Wah, lengkap juga ya jenis-jenis paketnya. Kamu bisa ambil paket yang mana saja sesuai dengan kebutuhan untuk menunjang lancarnya acara kamu di camp. ini. Perbedaan dari masing-masing paket biasanya ada di menu makanan, jenis tenda dome yang akan kamu dapatkan dan fasilitas setting aula.

Semua harga untuk paket-paket camping di atas sudah termasuk lapangan kegiatan, kolam renang, air minum gallon selama kegiatan, listrik 220 watt plus genset, kamar mandi sebanyak 20 unit dan biaya menu makanan yang disesuaikan dengan jenis paket yang kamu ambil. Tapi ini belum termasuk biaya program outbond ya.

Jalan menuju area camping ini tidaklah sulit. Kalau kamu dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, kamu tinggal naik Damri tujuan kota Bogor dan akan berhenti di pool akhir di dekat Botanic Square Mall. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 1.5 jam. Harga tiketnya IDR 55.000/penumpang.

Kalau kamu membawa cukup banyak barang, jangan khawatir karena kamu bisa meletakkan koper/barang kamu di bagasi bus tanpa biaya tambahan apapun. Nah kalau sudah sampai di Bogor kamu bisa pesan taxi konvensional dengan tarif sesuai argo perjalanan kamu menuju Kampoeng Awan.

Bisa juga naik ojek/taxi online dengan tarif IDR 28.000 – IDR 110.000 dan kamu akan langsung diantar langsung ke Kampoeng Awan ini. Mau lebih hemat lagi juga bisa, dari Botanic Square kamu naik angkot 02 Sukasari. Setelah sampai di terminalnya kamu lanjutkan perjalanan dengan naik angkot 02 warna biru Cisarua. Nanti angkot ini akan melewati Jalan raya Puncak.

Tapi, angkot ini tidak bisa membawa kamu langsung ke tujuan. Jadi kamu bisa turun dari angkot persis didepan Masjid Jami Nurul Huda yang ada di sisi kiri jalan kalau kamu datangnya dari arah Tol Jagorawi dan Ciawi. Dari sini kamu harus melanjutkan perjalanan lagi selama kurang lebih 22 menit.

Dan alternatif untuk bisa sampai di lokasi adalah menggunakan transportasi daring yang tarifnya berkisar antara IDR 6.000 – IDR 24.000. Hal ini juga berlaku kalau kamu berangkatnya dari Stasiun Bogor. Aktifkan juga GPS di ponsel jika kamu masih bingung dan takut tersesat.

3. Griya Sawah Lega

Griya Sawah Lega di Bogor
Griya Sawah Lega di Bogor

Bumi perkemahan ke-3 yang akan kami rekomendasikan adalah Griya Sawah Lega. Area ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengadakan kegiatan outbond bersama rombongan, baik itu keluarga, teman-teman kantor atau bersama perkumpulan organisasi dan komunitas tertentu. Lahan yang dimiliki area ini memang tidak seluas camp. yang sudah kita bahas sebelumnya. Area camp. yang berada di Kp. Cidokom Rt.03 Rw.09,, Kopo, Cisarua, Bogor, West Java 16750. Hotline : 0858-1315-7777 ini hanya memiliki luas kurang lebih 3.5 hektar saja. Tapi dengan pemandangan Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak serta dikelilingi oleh pemandangan sawah yang hijau dan asri membuatnya masih menjadi pilihan bagi yang menyukai suasana yang tenang dan bernuansa pedesaan.

Kegiatan yang bisa kamu lakukan di Griya Sawah Lega ini diantaranya family/company gathering, meeting, outbond, paintball, wisata agro lengkap dengan aktivitas bercocok tanam dan menangkap ikan, pesantren kilat, pelatihan pendidikan, reunian, foto pre wedding dan tentunya kegiatan bercamping. Fasilitas yang bisa kamu nikmati di Griya Sawah Lega ini adalah :

  • Kamar hotel
  • Rumah bambu
  • Rumah Kayu
  • Ruang Pertemuan
  • Area Camping Ground
  • Lapangan
  • Kolam renang dan kolam pemancingan
  • Flying fox, outbond, dan Paint ball
  • Jalur trekking dan Offroad adventure
  • Area parkir yang luas

Kapasitas yang dimiliki penginapan disini bisa mencapai 150 orang sedangkan untuk area campingnya bisa menampung sebanyak 300 peserta.

Berikut pilihan paket dan program yang bisa kamu ikuti di Griya Sawah Lega :

Paket Fullboard Outbond ( IDR 400.000/pax/malam )

Fasilitas yang akan kamu dapatkan yaitu menginap di hotel/rumah kayu, 3x makan, 2x snack, air mineral, desain program outbond, fun games, game master, property, lapangan, sound system dan kolam renang.

Paket Fullboard ( IDR 275.000/pax/malam )

Dari paket ini kamu akan menginap selama 2 hari 1 malam di hotel atau Rumah Kayu dan akan mendapatkan 3x makan, 2x snack, fasilitas ruang pertemuan, lapangan, sound system dan kolam renang.

Paket Camping ( IDR 175.000/pax/malam )

Paket ini khusus untuk kamu yang benar-benar ingin lebih dekat dengan alam. Karena kamu akan menginap area camping yang telah disediakan dengan fasilitas tenda, matras, sleeping bag, 3x makan, 2x snack, aula, lapangan, sound system dan kolam renang.

Fasilitas kolam renang yang dimiliki di tempat ini juga cukup unik, karena letaknya yang berada di ketinggian jadi kamu bisa bersantai di pinggir kolam sambil melihat pemandangan dari atas. Semua paket di atas baru bisa kamu ambil kalau jumlah pesertanya sudah mencapai 30 orang. Dan Griya Sawah Lega juga menyediakan paket khusus sesuai permintaan pegunjung. Jadi kalau kamu ada agenda sendiri yang berbeda dari paket yang ditawarkan, kamu bisa menghubungi langsung pihak marketing area camping ini.

Nah karena tempat perkemahan ini berada di daerah Cisarua, dari kota Bogor kamu bisa naik angkutan umum nomor 02 Cisarua. Di sini tarif angkotnya berlaku jarak jauh atau dekat. Biasanya sih berkisar antara IDR 2.000 – IDR 10.000 tergantung kamu naik angkotnya dari mana. Kalau naik kendaraan pribadi dari Jakarta, lewati Jalan Tol Jagorawi dan jalan ke arah Jalan Raya Puncak. Ikuti saja jalan ini, nanti kamu akan bertemu dengan tempat wisata The Ranch dan Taman Matahari di sisi kiri dan kanan jalan. Saat berada di Jalan Raya Ciawi-Cianjur belok ke kanan menuju Jalan Alternatif Cisarua menyusuri Jalan Lembah Nyiur. Dan tetap berjalan di jalan ini sampai akhirnya kamu menemukan Griya Sawah Lega di sisi kiri jalan. Kira-kira kamu akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk sampai di lokasi ini.

4. D’Jungle Private Camp

D'Jungle Private Camp - Bogor
D’Jungle Private Camp – Bogor

Area camping seluas 10 hektar dan berada di ketinggian 1000 mdpl ini benar-benar disiapkan untuk kegiatan bercamping, outbond maupun gathering. Dengan lahan perkemahan yang luas, tempat ini bahkan bisa menampung peserta camping sampai dengan 500 orang. Untuk urusan privasi kamu jangan khawatir, soalnya tempat ini cukup jauh dari pemukiman penduduk dan berbatasan langsung dengan hutan lindung.

Area camp. yang berada di Kampung Agrikon, Desa Batu Layang, Cisarua, Jogjogan, Bogor, Jawa Barat ini letaknya berdekatan dengan Taman Safari Cisarua. Jadi kalau kamu ada rencana untuk berlibur ke Taman Safari, gak ada salahnya kan menambah jadwal liburan kamu dengan bercamping di tempat ini. Jangan lupa juga ya, D’Jungle ini bukanya setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Jadi jangan sampai kemaleman ya datangnya.

Yang membuat D’Jungle semakin menarik, bukan karena pemandangan yang asri dan udara sejuknya saja. Tapi cuaca berkabut di daerah ini membuat kamu benar-benar merasa menyatu dengan alam. Karena areanya yang luas, lokasi ini memiliki 6 unit camping ground yang bisa kamu sewa sesuai kebutuhan acara kamu. Dan fasilitas yang akan kamu terima dari masing-masing camping ground adalah aula dengan penerangan listrik, 40 toilet/kamar mandi yang bersih dan natural, dan tenda. Tapi di dalamnya gak ada penerangan loh ya.

Selain dari camping ground, area ini juga ada 3 kawasan camping ground dengan tema tenda dan barak. Dan tema ini bisa kamu pilih sesuai dengan kegiatan camping atau outbond yang kamu adakan bersama rombongan. 3 kawasan tersebut diantaranya adalah The Village; deretan rumah bambu vip yang berkapasitas hingga 300 orang, Eagle Camp dan River Camp.

Nah River Camp ini adalah spot yang paling diminati oleh pengunjung, karena dikelilingi oleh lembah hutan tropis yang asri ditambah dengan suara gemericik aliran air Sungai Ciliwung yang berada di pinggir kawasan River Camp ini. Apalagi kawasan penginapan ini akan terlihat sangat indah di malam hari karena dihiasi oleh lampion-lampion beraneka bentuk dan warna yang membuat kita semakin terpukau. Oh ya kamu gak perlu takut akan kesulitan berisitirahat, walaupun lokasinya berada di daerah Puncak, tapi kontur tanah disini cenderung datar jadi kamu masih bisa tidur dengan nyaman di atas tanah perkemahan ini.

Ada satu lagi yang membuat kawasan River Camp ini menjadi incaran para pengunjung, yaitu karena kawasan ini merupakan jalur trekking menuju Curug Kembar yang berada di lingkungan D’Jungle Camp. Curug Kembar bukan berarti air terjunnya kembar / mirip ya, tapi karena ada dua air terjun yang posisinya berdekatan di satu kawasan yang sama. Nah ternyata jalur menuju Curug Kembar ini termasuk ke dalam river trekking yang memacu adrenalin juga loh. Karena beberapa kali kamu akan melewati bebatuan licin yang dialiri oleh arus air sungai. Pokoknya cocok banget untuk kamu yang hobi dengan tantangan.

Untuk menuju ke D’Jungle ini tentunya tidak bisa langsung sampai di tempat, kecuali naik kendaraan pribadi atau menggunakan ojek pangkalan atau taxi online. Kalau kamu naik kendaraan pribadi dari Jakarta maupun Bogor, kamu akan melewati Tol Jagorawi menuju Jalan raya Puncak.

Tapi kalau naik Commuter Line dari Stasiun Kota menuju Stasiun Bogor kamu hanya akan membayar tiket sebesar IDR 6.000. Nah dari stasiun ini, bisa naik angkot atau taxi online. Kalau naik transportasi online ongkos yang akan kamu bayar berkisar antara IDR 37.000 – IDR 150.000. Memang mahal sih tapi kamu gak perlu repot-repot naik turun angkot lagi. Karena kalau naik angkot dari Stasiun Bogor, kamu perlu naik angkot tujuan Bogor – Sukasari, dan ongkosnya IDR 4.000. Lalu dari terminal Sukasari lanjut lagi naik angkot warna biru jurusan Sukasari – Cisarua. Nah, perjalanan kamu cukup panjang dari sini sekitar satu jam lebih. Ongkosnya bisa IDR 10.000. Tapi kamu gak bisa langsung ke D’Jungle nya ya, saat ngelewati Jalan Raya Puncak-Cianjur kamu belok kiri ke Jalan Siliwangi, belok kiri ke Jalan Sultan Hasanuddin, belok kiri ke Jalan Batu Sapi. Sekarang ikuti saja jalan ini, sampai tiba di lokasi yang berada di sebelah kiri jalan. Nah untuk masuk ke Jalan Siliwangi kamu harus turun dari angkot, dan melanjutkan perjalanan dengan ojek atau taxi.

5. Panorama Pangrango Camp

Panorama Pangrango Camp - Bogor
Panorama Pangrango Camp – Bogor

Dan rekomendasi kami yang terakhir adalah Panorama Pangrango Camp. Sekaligus bumi perkemahan yang paling dekat dengan kota Bogor dan Jakarta dibandingkan dengan empat area camping yang sudah kita bahas sebelumnya. Lokasi Panorama Pangrango Camp ada di Sirnagalih Kampung Awan KM 75, Cipayung Datar, Jalan Cipendawa, Cipayung Girang, Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16770 ( 0857-1786-4643 ).

Dari Stasiun Bogor kamu hanya akan menghabiskan waktu sekitar 40 menitan untuk sampai di Panorama Camp ini. Sama seperti sebelumnya, kamu tinggal naik angkot jurusan Bogor-Sukasari dan turun di pemberhentian terakhir yaitu di Terminal Cisarua. Terus kamu lanjutkan perjalanan dengan naik angkot nomor 02 jurusan Sukasari-Cisarua. Tapi kamu harus turun dari angkot persis di depan Masjid Jami Nurul Huda, karena angkotnya gak bisa meneruskan perjalanan kamu menuju Panorama Camp ini. Kira-kira ongkos yang akan kamu keluarkan dari Stasiun Bogor ke masjid ini tidak lebih dari IDR 10.000. Murah banget kan?

Nah dari sini, kamu ikuti jalan Pusdik Polri yang ada di samping kiri masjid. Terus belok kanan ke Jalan Perhutani, lalu belok kiri ke Jalan Megamendung Pusdik. Ikuti aja jalan tersebut dan belok kanan ke arah Jalan Cipendawa. Teruskan perjalanan kamu di jalan ini sampai akhirnya kamu menemukan Panorama Pangrango Camp di sebelah kiri jalan. Wahhh, rutenya juga gak ngeribetin yah. Ojek/taxi online yang akan mengantarmu ke sini pasti gak akan kesulitan apalagi Kalau kamu perginya naik kendaraan pribadi pasti kamu gak akan salah jalan deh.

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan di camp ini, diantaranya bercamping, outing, outbond, family/company gathering, training, fun games, pramuka, reunian, rafting dan hiking, flying fox, paint ball,archery dan selfie spot. Waw, bakalan seru nih! 😎

Kalau begitu fasilitas apa saja ya yang ditawarkan tempat camping ini untuk mendukung kegiatan kamu disini?

Area Camping

Camping ground / area camping bawah disini bisa menampung peserta sampai 800 orang dalam satu area loh! Dan dari sini kamu akan disuguhkan pemandangan dari 3 gunung sekaligus, yaitu Gunung Gede,Gunung Salak, Gunung Pangrango, dan Bukit Cipendawa. Nah salah satu area favorit pengunjung itu ada di depan area aula yang bisa menampung sampai 150 orang.

Aula

Namanya Aula Pendopo. Untuk acara indoor atau acara yang sedikit lebih formil, kamu bisa gunakan aula yang sudah disediakan oleh pihak pengelola ini. Aula nya sengaja didesain terbuka sehingga kamu masih bisa merasakan angin segar dari luar ruangan dan disertai juga dengan tabir bambu sehingga kalau hujan datang tiba-tiba, acara kamu tidak akan terganggu. Kerennya lagi, aula ini sudah dilengkapi dengan fasilitas listrik dengan daya yang cukup besar agar bisa menunjang acara, seperti presentasi menggunakan infocus dan musik organ tunggal/akustik band sekalipun. Jadi,kalau mau ngundang penyanyi ibukota bisa banget tuh.

20 unit Toilet/Kamar mandi

Kedengarannya sih sepele, tapi kalau toilet gak nyaman, pasti kita jadi gak betah berlama-lama di suatu tempat kan. Oleh karena itu, Panorama Camp menyediakan 20 unit toilet/kamar mandi yang bersih dan nyaman untuk pengunjung.

Bungalow

Demi kenyamanan pengunjung, tempat camping ini juga menyediakan fasilitas Bungalow yang terdiri dari dua pilihan, yaitu Bungalow 3 kamar tidur dengan 6 tempat tidur atau Bungalow 4 kamar tidur dengan 8 tempat tidur. Dan tempat tidurnya ada yang single twin bed dan ada juga yang double bed. Tentu saja, namanya juga tempat untuk bercamping. Pasti disini juga ada fasilitas tenda dong, yaitu tenda dome ( kapasitas 5-10 orang ) dan tenda barak ( kapasitas sampai dengan 50 orang ).

Area parkir

Agar pengunjung tidak kesulitan mencari tempat parkir, pihak pengelola camping ini telah menyediakan area parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan pengunjung, baik roda dua maupun roda empat.

Adapun fasilitas-fasilitas lain yang bisa kamu nikmati disini adalah :

  • Flying fox, hiking, tracking dan wahana games outbond lainnya
  • Api unggun
  • Air terjun curug 7
  • Selfie spot dan area poto buku tahunan
  • Edukasi organic
  • Tempat ibadah Mushola
  • Sound system standar
  • Matras / tikar
  • Catering / snack box
  • Organ tunggal dan band akustik
  • Pemesanan kaos, jaket, topi,rompi dan kebutuhan outbond lainnya

Ohya band papan atas ternama Five Minutes aja pernah loh ngadain acara outbond di Panorama Pangrango Camp ini. Masa’ kamu ketinggalan? 😌

Bagaimana? Semakin tertarik kan untuk bercamping dan mengadakan acara sekolah/perusahaan/komunitas kamu di Panorama Pangrango Camp ini. Untuk info harga paket dan reservasi kamu bisa langsung menghubungi pihak marketingnya di 0823 1569 2196. Dan untuk bisa ambil paket ini jumlah peserta rombongan kamu minimal harus 30 orang ya.

Tips Camping di Bogor

Itulah kelima tempat camping yang ada di Bogor, lebih tepatnya di kawasan Puncak. Tapi, setelah kamu menentukan area camping yang kamu pilih, kami akan memberikan beberapa tips saat bercamping bagi kamu yang mungkin baru pertama kali ikut kegiatan alam satu ini. Yuk, kita simak tipsnya berikut ini :

  1. Persiapkan kesehatan fisik dan mental kamu. Karena kegiatan outbond atau acara yang akan kamu ikuti pasti akan menguras tenaga dan fikiran. Apalagi kalau kegiatannya seperti river trekking atau jungle adventure.
  2. Buat catatan yang berisi barang apa saja yang harus kamu bawa selama bercamping. Terutama pakaian hangat dan obat-obatan. Tapi, jangan juga membawa barang-barang tidak penting ya yang justru akan merepotkan saat camping nanti.
  3. Membawa lampu senter untuk penerangan. Walaupun tempat kami bercamping sudah ada cahayanya, tak ada salahnya membawa lampu senter untuk berjaga-jaga.
  4. Masukkan barang bawaanmu ke dalam tas ransel. Karena tas ransel ini lebih praktis daripada membawa koper.
  5. Ketahui kondisi cuaca di tempat kamu akan bercamping. Karena ini juga berpengaruh pada jenis tenda yang akan kamu gunakan, apalagi kalau kamu pergi campung untuk kegiatan outbond bersama teman-teman kantor/sekolah kamu. Bisa batal kan acaranya kalau cuacanya tidak mendukung.
  6. Ikuti peraturan yang ada. Dimanapun kamu akan bercamping, baik area perkemahannya dikelola oleh negara maupun pihak swasta kamu harus tetap mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan. Jangan sembarangan memasuki area-area yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan camping kamu. Apalagi kalau daerah tersebut sudah jelas-jelas dilarang untuk dimasuki, karena mungkin saja masih ada binatang-binatang liar di tempat tersebut.
  7. Jaga alam tempatmu bercamping. Alam sudah menyediakan tempat yang indah untuk kamu nikmati. Jadi jangan pernah sekali-sekali merusak apapun di sekitar tempat kami bercamping. Jangan membuang sampah sembarang dan selalu menjaga sopan santun dengan sesama peserta camping, terutama kalau kamu berkemah di perkemahan umum. Janganlah membuat keributan atau terlalu berisik yang bisa mengganggu kenyamanan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *